Mr Gun's Zone

MORE THAN ABOUT ME

Monday, January 26, 2009

Pemain Alat Musik - Pencipta Lagu – Lirik

Seperti halnya Andra Ramadhan, gitaris Dewa 19 dan pendiri Andra & The Backbone, saya juga telat mengenal musik. Sewaktu kecil saya hanya mendengar saja lagu-lagu yang diputar di sekeliling saya, tanpa tahu siapa penyanyi dan bagaimana memainkannya. Jenis musik yang saya tahu adalah, pop, rock, dangdut, kasidah, dan keroncong ;-).

Sampai akhirnya saya menginjak bangku SMP, saat itu band-band Indonesia mulai unjuk gigi melalui Dewa 19, Jamrud, dan Sheila On 7. Saya mulai tertarik untuk memainkan alat musik, dan saya pun memilih gitar. Alasannya seperti juga Andra dan kebanyakan orang, gitar lebih ekonomis dan mudah didapat. Apalagi ketika saya mengetahui bahwa pencipta hampir semua lagu Jamrud dan Sheila On 7 adalah gitaris, yaitu Azis MS dan Eross Chandra. Saya pun kemudian berkhayal menjadi gitaris handal dan memiliki band terkenal, bahkan nama band yang belum ada itu pun sudah saya persiapkan. Sampai saat ini, cita-cita itu entah bagaimana kabarnya. Yang ada sekarang saya hanya bermain gitar dan bernyanyi dengan suara pas-pasan, sesekali ngejam ke studio bareng teman-teman amatir saya, tak pernah serius untuk mendirikan band beneran. Saya rasa kami pantas dikelompokkan dalam kelompok yang ‘bermain musik hanya karena hobi’ (baca: menyanyi untuk uang atau hanya bersenang-senang?)

Bagaimana dengan menciptakan lagu? Jujur saja, saya sering menciptakan lagu sendiri, namun kebanyakan lupa, baik nadanya maupun liriknya, karena saya malas mencatatnya. Ada yang sudah saya buat lagunya tapi belum saya buat liriknya. Padahal kalau boleh membanggakan diri, saya sering dipuji orang karena kepiawaian saya merangkai kata, entah itu puisi atau tulisan biasa yang saya buat puitis. Namun ternyata susah menyelaraskan lagu dengan lirik. Saya jadi ingat film Music & Lyrics yang dibintangi oleh Drew Barrymore dan Hugh Grant.

Kebanyakan lagu yang saya buat sekilas tidak berkualitas, makanya saya malas mencatatnya, setidaknya itu pendapat saya sendiri. Bukannya tidak percaya diri, tetapi tahu diri. Ada sih beberapa lagu yang saya rasa enak didengar, bahkan ada yang sampai teman-teman saya ikut menyanyikannya karena sering mendengar saya memainkannya. Mungkin kalau dijual bisa laku….. (ceileh…)

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah ada hubungannya antara pandai memainkan alat musik, menciptakan lagu, dan membuat lirik? Untuk sementara kita abaikan peran olah vocal.

Jika mengambil contoh Azis MS dan Eross Chandra, hingga saat ini kita masih punya banyak gitaris yang banyak menciptakan lagu untuk band mereka masing-masing. Lihat saja Samsons, Ungu, Andra & The Bacbone. Pertanyaannya, apakah mesti dengan gitar? Lihat Ariel, dia adalah vokalis Peterpan, sekaligus pencipta sebagian besar lagu-lagu bandnya. Tetapi dia juga pandai memainkan gitar, meski kalau berbicara skill, kemampuannya jauh di bawah Lukman sang gitaris betulan. Bagaimana dengan Ahmad Dhani, salah seorang pencipta lagu paling produktif di Indonesia saat ini? Dia bisa memainkan gitar, keyboard dan drum. Bagaimana dengan Melly Goeslow? Dia sama sekali tidak bisa memainkan alat musik apa pun.

Jadi, apa hubungannya pandai memainkan alat musik dengan kemampuan membuat lagu? Jika melihat ke yang di atas tadi, sepertimya tidak ada hubungannya. Tetapi menurut saya tetap ada, kalaupun Melly tidak bisa memainkan alat musik apa pun, itu adalah pengecualian.

Masalah berikutnya (sebenarnya bukan masalah, hanya saya yang kurang kerjaan, mengada-adakan masalah) adalah apakah ada hubungannya kemampuan menciptakan lagu (nada) dengan kepiawaian menulis lirik? Tidak ada. Coba lihat Choiril Anwar dan WS. Rendra, mereka tidak menciptakan lagu. Coba lihat para personil band kita, banyak yang tidak ikut menyumbangkan liriknya untuk lagu-lagu mereka. Secara de facto bisa diputuskan masalah ini selesai.

Lalu bagaimana caranya untuk menciptakan lagu yang berkualitas?

Lagu yang bagus adalah kombinasi dari nada lagu yang enak didengar dan lirik yang indah. Soal vocal dan musik yang menyertainya itu adalah masing-masing yang membawakannya.

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home