Mr Gun's Zone

MORE THAN ABOUT ME

Monday, January 26, 2009

We Will Not Go Down

Beberapa minggu yang lalu, ketika itu agresi militer Israel ke Jalur Gaza ‘baru’ beberapa hari berlangsung, saya menyaksikan acara (kalau tidak salah) Telisik di ANTV yang menjelaskan sejarah singkat konflik antara Israel dan Palestina. Perlu diketahui, saya baru tahu banyak mengenai konflik itu setelah saya membaca buku yang kalau tidak salah judulnya “HAMAS, Mengapa Ditakuti Amerika?”, beberapa tahun yang lalu. Buku itu adalah milik seorang teman saya, saya memang malas membeli buku. Setelah menyaksikan acara di ANTV tersebut akar permasalahan mereka semakin jelas, tetapi bukan itu yang kita bahas di sini, karena saya bukan ahlinya. Yang akan saya tulis adalah lagu background di credit akhir acara tersebut. Saya membaca liriknya sambil mendengarkan lagunya…


Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?
What lies beyond
And what lay before?
Is anything certain in life?


Dan seterusnya…


Saya merinding mendengarnya. Saya pun menunggu credit yang menampilkan judul lagu itu. Judulnya adalah The Spirit Carries On, penyanyinya adalah Dream Theater. Mungkin lagu ini tidak asing lagi bagi sebagian pembaca, tapi bagi saya sepertinya itu adalah pertama kalinya saya mendengar lagu tersebut. Merinding.


Ketika itu saya sedang berlibur, mudik. Sekembalinya dari sana saya langsung mencari lagu itu di harddisk yang saya tinggal, ada. Saya memang mengoleksi lagu meskipun banyak yang tidak pernah saya putar. Saya pun kemudian memutar lagu tersebut berulang-ulang. Tidak ada bosannya. Dari lagu itu juga saya kemudian ‘mau’ memutar lagu Dream Theater yang lain.


Itu adalah kisah saya dengan lagu “The Spirit Carries On”. Lagu berikut yang akan saya bahas adalah lagu yang benar-benar mengenai serangan Israel ke Jalur Gaza. Saya pertama kali mendengarnya di TV One, We Will Not Go Down oleh Michael Heart. Saya sepertinya baru mendengar nama Michael Heart. Saya pun mencarinya di internet. Ternyata dia adalah penyanyi yang baru mengeluarkan satu album. Dan yang lebih membuat saya terkejut, ternyata lagu We Will Not Go Down adalah lagu baru yang khusus dia ciptakan untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza. Saya pun jadi penasaran untuk mengetahui siapa dia. Saya membaca biografi singkatnya di situsnya, http://www.michaelheart.com . Saya semakin terharu ketika mengetahui kalau Michael Heart membebaskan pengunjung situsnya mendownload gratis lagu We Will Not Go Down, dan dia hanya mengharap pengunjung ikut berpartisipasi membantu rakyat Palestina, khususnya lewat UNWRA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East).


Saya pun kemudian memamerkan lagu itu ke teman-teman saya. Mereka kebanyakan penasaran dan menanyakan siapa penyanyinya, saya pun menjelaskan apa yang saya ketahui saja. Namun belakangan ini tanpa saya sangka lagu ini benar-benar menjadi terkenal, kalau tidak mau dibilang fenomenal. Saya mendengarnya di putar di tempat penjualan VCD dan MP3 bajakan. Saya langsung teringat dengan pesan Michael Heart yang mengharap sumbangan untuk rakyat Palestina dari siapapun yang mendownload lagunya itu, gratis. Kontras dengan yang saya saksikan, para pembajak itu menjual lagu orang yang bahkan sudah menggratiskannya. Saya tidak tahu apa reaksi Michael Heart jika dia tahu akan hal ini. Tapi kalau pun dia ingin lagunya tersebar, bukankah yang lebih penting di sini adalah pesannya kepada kita semua agar mau membantu rakyat Palestina? Apakah pesan itu sampai kepada para pembeli MP3 bajakan itu? Memang dia tidak mewajibkan, tetapi dia pasti ingin agar orang-orang yang mendengar lagunya tidak sekedar tahu liriknya…..


Maaf, saya tidak bermaksud sok politis….


Bagi yang ingin tahu liriknya dan mendownload lagunya, klik saja: http://www.michaelheart.com/Song_for_Gaza.html

Bagi yang mau mendownload lagu Dream Theater, The Spirit Carries On, klik di sini




The Spirit Carries On


Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?
What lies beyond
And what lay before?
Is anything certain in life?

They say "Life is too short"
"The here and the now"
And "You're only given one shot"
But could there be more
Have I lived before
Or could this be all that we've got?

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on

I used to be frightened of dying
I used to think death was the end
But that was before
I'm not scared anymore
I know that my soul will transcend

I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on

"Move on, be brave
Don't weep at my grave
Because I'm no longer here
But please never let
Your memories of me disappear"

Safe in the light that surrounds me
Free of the fear and the pain
My questioning mind
Has help me to find
The meaning in my life again
Victoria's real
I finally feel
At peace with the girl in my dreams
And now that I'm here
It's perfectly clear
I found out what all of this means

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we?re gone
The spirit carries on

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home