Mr Gun's Zone

MORE THAN ABOUT ME

Saturday, January 31, 2009

Mengapa Mereka Bisa Eksis

Mengapa sepertinya sangat sulit memiliki, atau sekedar menghadirkan band/penyanyi yang selalu eksis meski sudah belasan tahun malang melintang mengeluarkan album? Kita dulu mempunyai Koes Plus, yang sampai saat ini karya-karya mereka belum ada yang bisa melupakan. Saya tidak tahu berapa total album mereka, yang saya tahu sangat banyak. Biarpun saya hidup bukan di generasi mereka, tetapi saya tetap bisa menikmati lagu-lagu mereka. Saya juga yakin karya-karya mereka tetap akan abadi.

Adakah band lain yang mampu selalu eksis seperti Koes Plus? Silakan jawab sendiri.

Apakah sebenarnya yang membuat Koes Plus tetap ada dan selalu bisa berkarya meski banyak pendatang baru mengiringinya? Saya tidak tahu apa saja band-band besar pada kurun waktu mereka itu, tetapi saya bisa yakin, Koes Plus memang yang paling popular secara keseluruhan. Biarpun dulu ada The Mercy’s, d’Loyd, Black Brothers, atau apalah, yang saya tidak tahu siapa mereka itu. Tapi saya tahu, Koes Plus adalah nama terbesar di antara mereka semua. Anda tidak bisa protes, karena buktinya band lama yang paling saya kenal adalah Koes Plus. Peterpan boleh jadi adalah band terbesar, tetapi band Indonesia paling popular sepanjang masa adalah Koes Plus.

Jika kita berbicara mengenai penyanyi solo, kita punya Iwan Fals. Saya vonis Bang Iwan adalah penyanyi solo paling besar di Indonesia. Bahkan sampai sekarang pun tidak ada yang bisa mengalahkan popularitasnya. Dan kita tidak perlu membahas para pesaingnya.

Kembali ke pertanyaan di atas, mengapa mereka bisa selalu eksis?

Karena mereka kreatif dalam menyuguhkan warna music bagi penikmatnya. Jika saya bertanya apa jenis music Koes Plus? Apa jenis music Iwan Fals? Anda pasti balik bertanya: yang mana?

Ya, mereka memainkan banyak jenis music. Koes Plus bahkan pernah hijrah total ke music orkes melayu ketika melihat fakta bahwa racikan gitar dangdut Oma Irama diterima masyarakat. Mereka juga menyanyikan tembang-tembang Jawa. Tidak malu untuk belajar dari orang lain adalah kuncinya. Tidak perlu sok berprinsip “Aku adalah aku”, tapi itupun tidak bisa dipaksa, karena itu adalah hak mereka pribadi untuk memilih apa yang mereka inginkan.

Sekarang kita lihat band-band dan para penyanyi kita sekarang. Adakah yang seperti mereka?

Jika kita telisik, band-band tua yang masih aktif mengeluarkan album di antaranya adalah Slank, Dewa 19, dan Gigi. Mereka sudah berusia lanjut tetapi tetap berkarya dan secara umum music mereka diterima masyarakat. Biarpun mereka kalah dari band lain dalam angka penjualan kaset dan kepingan vcdnya, namun mereka menang dalam hal kepopuleran. Peterpan mungkin saat ini begitu fenomenal, tetapi kita juga tahu bahwa nama itu tidak akan muncul lagi.

Saat ini kita juga memiliki Melly Goeslaw sebagai penyanyi wanita yang begitu popular. Saya lebih memilih dia ketimbang Agnes Monica, Rossa atau 3 Diva dalam hal ketenaran. Musisi satu ini memang tidak pernah berhenti berkreatifitas. Begitu banyak generasi baru yang diorbitkannya, namun dia masih tetap bernyanyi, bahkan masih aktif dengan bandnya, Potret. Akankah Melly akan menjadi sosok legenda dalam permusikan Indonesia? Akankah Slank seperti Koes Plus?

Kita sambung lagi kapan-kapan ya….

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home